Cara Perhitungan Pajak Kini Lebih Akurat Dengan Sistem Online

Cara Perhitungan Pajak Kini Lebih Akurat Dengan Sistem Online

Sebagai warga negara yang mematuhi hukum dan patuh dengan pungutan pajak, kita tentunya menyadari kenyataan jika penghasilan kita tidak seluruhnya menjadi hak milik kita, ada jatah negara sekian persen yang harus dibayarkan setiap tahunnya untuk pembangunan nasional, pembiayaan infrastruktur negara dsb. Anda pasti setuju jika dari penghasilan Anda, negara bisa lebih maju dan berkembang karena toh yang merasakan manfaatnya kita juga.

PPh merupakan pajak penghasilan yang proses pungutannya diterapjan sejak lama bahkan jauh sebelum penjajahan. Bedanya PPh zaman dulu dengan sekarang itu sistemnya yang lebih modern, misalnya sistem informasi dan pelayanan pajak yang kini bisa dilakukan secara elektronik. Sistem ini memudahkan masyarakat untuk membayar pajak dan melaporkan pajak tahunan.

Metode perhitungan pajak secara manual dengan memakai Microsoft Excel sudah sangat ketinggalan zaman, kini suda ada cara lebih efisien dan akurat untuk melakukan perhitungan pajak.

Mekanisme Perhitungan Pajak Karyawan Dengan Tunjangan

Adanya situs resmi pajak bermanfaat untuk masyarakat, jadi masyarakat bisa menggali informasi dengan lebih cepat dan tepat langsung dari sumbernya. Bagi setiap karyawan yang mendapatkan tunjangan pajak bisa melakukan perhitungan pajak dengan rincian di bawah ini:

  1. Mengisi data gaji karyawan tidak terkecuali tunjangannya, pilih menu “karyawan” atau lebih mudah impor saja data dari software HR maupun e-SPT
  2. Pilih “karyawan permanen” lalu “Gaji kotor” kemudian pilih “kontrak bekerja”
  3. Lengkapi informasi BPJS Ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan
  4. Pilih masa pemberian dari BPJS Ketenagakerjaan lalu centang jaminan karyawan seperti jaminan hari tua, jaminan pension dan jaminan kecelakaan kerja atau jaminan kesehatan masyarakat.
  5. Terakhir silahkan centang “gaji”

Meskipun demikian, dasar perhitungan ini bukan pendapatan bersih melainkan jumlah gaji pokok, sedangkan untuk mengetahui detail perhitungan secara tepat klik “detail perhitungan.”

Jika semua proses dipermudah oleh pemerintah seperti ini, apa lagi alasan yang bisa dikemukakan oleh WP ketika ketahuan tidak membayar pajak atau melaporkan pajak tahunan? Pemerintah sudah memudahkan WP untuk melakukan pelaporan atau perhitungan secara akurat dengan sistem yang ada, jadi tidak perlu takut akan dibodohi.

Sumber: smconsult

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *