PERAWATAN BATERAI MOBIL (AKI MOBIL )

PERAWATAN BATERAI MOBIL (AKI MOBIL )

Tidak seperti banyak mainan, kendaraan Anda sebenarnya dilengkapi dengan baterai. Tetapi baterai mobil Anda tidak akan terus bekerja sempurna tanpa ada perawatan rutin di pihak Anda. Sebelum kita masuk ke tips pemeliharaan, ada beberapa hal yang patut diketahui tentang baterai otomotif atau sering disebut aki mobil, yang akan membantu Anda memahami apa fungsi  onderdil mobil aki.

APA FUNGSI BATERAI MOBIL (AKI MOBIL )

Baterai menyimpan energi dalam bentuk kimia yang dirilis sesuai permintaan sebagai listrik. Energi digunakan oleh sistem pengapian kendaraan untuk menghidupkan mesin, serta menyalakan lampu atau aksesori lainnya. Jika onderdil mobil alternator Anda rusak, kendaraan Anda dapat berjalan di baterai saja, setidaknya untuk waktu yang singkat. Biasanya, bagaimanapun, selama mesin Anda sedang berjalan, alternator membuat baterai terus menerus diisi ulang. Jika Anda mengoperasikan peralatan listrik dengan mesin mati – seperti power window, sistem audio atau lampu depan maka daya  baterai akan perlahan-lahan habis.

Karena baterai otomotif mengandung gas hidrogen-oksigen dan asam sulfat yang dapat menyebabkan luka bakar serius, Anda perlu memperhatikan beberapa tindakan pencegahan sebelum Anda menangani kerusakan onderdil aki mobil. Penggunaan kacamata atau kacamata pelindung dan pelindung wajah penting untuk dipakai. Tindakan pencegahan lainnya termasuk tidak pernah bersandar pada baterai, bekerja di area yang berventilasi baik dan menjaga semua sumber api seperti rokok jauh dari baterai. Sekarang, ke perawatan aki mobil:

LEVEL AIR AKI

Pertama, jika baterai Anda adalah tipe lama yang tidak disegel, penting untuk memastikan bahwa level airnya memadai. Sangat mudah untuk mengetahui tipe mana yang Anda miliki: baterai yang tidak disegel memiliki tutup ventilasi kecil di bagian atas yang dapat dengan mudah dilepas. Jika ketinggian air tidak sampai ke dasar tutup, isi ulang. Periksa kadar level air sering selama bulan-bulan musim panas, karena panas cenderung menguap air lebih cepat. Jika tingkat air baterai dibiarkan terlalu rendah, panas yang dihasilkan di dalam baterai akan cepat merusak  sel baterai. Anda akan cepat mengganti aki baru padahal sebetulnya kalau dilakukan perawatan rutin aki masih bisa dipakai lebih lama lagi.

 

TERMINAL AKI (PULL  AKI)

Selanjutnya, periksa terminal aki mobil secara visual (satu ditandai positif  dan yang lain ditandai negatif ). Sebelum membersihkan koneksi atau melepas baterai, lepaskan terminal negatif terlebih dahulu setiap kali Anda memutuskan kabel baterai dari terminal. Melepaskan konektor positif dapat menyebabkan percikan api, terutama jika Anda menggunakan alat logam yang bersentuhan dengan bagian logam apa pun di mobil. Percikan dapat menciptakan sumber pengapian yang dapat menyebabkan baterai meledak.

 

 

ISI ULANG DAYA AKI

Jika Anda perlu mengisi ulang baterai mobil Anda, peralatan terbaik adalah pengisi pulsa, sebaiknya dibiarkan selama delapan hingga 10 jam atau semalam. Jika baterai Anda terbuka, lepaskan kran ventilasi dan tempatkan kain lembab di seluruh bukaan. Pasang klip pada pengisi daya ke baterai Anda. Klip merah harus dilampirkan ke terminal positif dan klip hijau atau hitam harus dilampirkan ke terminal negatif. Jika baterai Anda disegel, harus ada indikator indikator di bagian atas. Baterai perlu diisi jika jendela kaca bulat berwarna hijau atau gelap. Baterai Anda perlu diganti jika jendela kacanya jernih atau kuning.

Masa pakai onderdil mobil baterai rata-rata adalah sekitar dua tahun. Jadi, jika Anda ingin menikmati beberapa tahun mulai kendaraan yang penuh percaya diri, ikuti tips perawatan sederhana ini dan periksa tingkat air baterai Anda, terminal, braket dan kondisi baki sekitar setiap dua bulan sekali.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *